20 Kutipan Adam Smith - kutipanid.com

20 Kutipan Adam Smith

5 Juni 1923

John Adam Smith (lahir di Kirkcaldy, Skotlandia, 5 Juni 1723 – meninggal di Edinburgh, Skotlandia, 17 Juli 1790 pada umur 67 tahun), adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern. Karyanya yang terkenal adalah buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations) adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme. Adam Smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi Kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal di sana.

Kemakmuran Negara (Wealth of Nations) dan yang lebih kecil pengaruhnya Teori Moral Sentimen, telah menjadi titik awal untuk segala pertahanan atau kritik atau bentuk kapitalisme, yang terpenting dalam tulisan Marx dan ekonomi manusia. Karena kapitalisme laissez-faire seringkali dihubungkan dengan keegoisan tak terkontrol, ada gerakan baru yang menekankan filosofi moral Smith, dengan fokus simpati kepada seseorang.

Ada beberapa kontroversi tentang keaslian Kemakmuran Negara Smith; beberapa orang menyangkal hasil kerjanya hanyalah tambahan biasa kepada kerja pemikir seperti David Hume dan Baron de Montesquieu. Dan, banyak teori-teori Smith hanya menggambarkan trend sejarah menjauh dari mercantilisme, menuju perdagangan-bebas, yang telah berkembang selama beberapa dekade, dan telah memiliki pengaruh yang nyata dalam kebijakan pemerintah. Namun begitu, buku ini mengorganisasi pemikiran-pemikiran mereka secara luas, dan tetap menjadi suatu buku yang paling berpengaruh dan penting dalam bidangnya sekarang ini.

 

20 Kutipan Adam Smith

  • Tidak ada masyarakat yang bisa tumbuh subur dan bahagia, dimana sebagian besar anggota miskin dan sengsara.

  • Tidak ada yang lebih anggun dibanding keceriaan kebiasaan.

  • Seorang penjahat adalah orang dengan naluri predator yang tidak memiliki modal yang cukup untuk membentuk perusahaan. Sebagian besar pemerintah adalah orang kaya untuk orang kaya. Pemerintah terdiri dari sebagian besar ketidakadilan yang terorganisir dalam masyarakat manapun, kuno atau modern. Pemerintahan sipil, sejauh dilembagakan untuk keamanan harta benda, pada kenyataannya dilembagakan untuk membela orang kaya terhadap orang miskin, dan untuk membela Mereka yang memiliki properti melawan mereka yang tidak memilikinya.

  • Bukan dari kebajikan tukang jagal, pembuat bir, atau tukang roti yang kita harapkan dari makan malam kita, tapi dari perhatian mereka terhadap kepentingan mereka sendiri.

  • Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah diri Anda sendiri. Seorang pria yang tahu dirinya bisa melangkah keluar sendiri dan menyaksikan reaksi dirinya sendiri seperti seorang pengamat.

  • Di bawah kapitalisme semakin banyak uang yang Anda miliki, semakin mudah menghasilkan uang, dan semakin sedikit uang yang Anda miliki, semakin sulit. Di manapun ada properti hebat, ada ketidaksetaraan yang besar. Kemakmuran orang kaya mengandaikan kelalaian banyak orang.

  • Dengan mengejar ketertarikannya sendiri (individu) sering mempromosikan masyarakat secara lebih efektif daripada ketika dia benar-benar berniat untuk mempromosikannya. Saya tidak pernah tahu banyak hal baik yang dilakukan oleh mereka yang terpengaruh untuk memperdagangkan barang publik.

  • Rahmat yang bersalah adalah kekejaman bagi orang yang tidak bersalah.

  • Harga sebenarnya dari segalanya, apa yang sebenarnya berharga bagi orang yang ingin mendapatkannya, adalah kerja keras dan kesulitan mendapatkannya.

  • Manusia adalah hewan yang menghasilkan tawar-menawar: tidak ada hewan lain yang melakukan ini – tidak ada anjing yang menukar tulang dengan yang lain.

  • Orang sistem … cenderung sangat bijak dalam kesombongannya sendiri; Dan seringkali sangat terpikat dengan cita-cita rencana pemerintahan idealnya sendiri, bahwa dia tidak dapat mengalami penyimpangan terkecil dari bagian manapun … Tampaknya dia membayangkan bahwa dia dapat mengatur berbagai anggota masyarakat besar dengan sebanyak-banyaknya. Mudah karena tangan mengatur potongan yang berbeda pada papan catur. Dia tidak menganggap bahwa di dewan catur masyarakat manusia yang hebat, setiap bagian memiliki prinsip gerak sendiri, yang sama sekali berbeda dari yang mungkin dipilih oleh legislator untuk mengesankannya.

  • Setiap individu terus berusaha untuk menemukan pekerjaan yang paling menguntungkan bagi modal apa pun yang dapat dia perintahkan. Ini adalah keuntungannya sendiri, memang, dan bukan pendapat masyarakat yang dia lihat. Tapi studi tentang keuntungannya sendiri secara alami, atau lebih tepatnya, membuatnya lebih menyukai pekerjaan yang paling menguntungkan masyarakat … Dia hanya menginginkan keuntungannya sendiri, dan dia ada dalam hal ini, seperti dalam banyak kasus lainnya, dipimpin oleh seorang Tangan tak terlihat untuk mempromosikan sebuah akhir yang bukan bagian dari niatnya

  • Dimanapun ada harta besar ada ketidaksetaraan yang besar. Bagi seseorang yang sangat kaya setidaknya ada lima ratus orang miskin, dan kemakmuran sedikit orang mengandaikan kelalaian banyak orang. Kekayaan orang kaya menggairahkan kemarahan orang miskin, yang sering didorong oleh keinginan, dan didorong oleh rasa iri, untuk menyerang harta miliknya.

  • Kepentingan [pengusaha] selalu dalam beberapa hal berbeda dari, dan bahkan berlawanan dengan, bahwa masyarakat … Usulan undang-undang atau peraturan perdagangan baru yang berasal dari ordo ini … seharusnya tidak pernah diadopsi, Sampai setelah lama dan diperiksa dengan teliti … dengan perhatian yang paling mencurigakan. Itu berasal dari perintah laki-laki … yang pada umumnya memiliki kepentingan untuk menipu dan bahkan menindas masyarakat

  • Kebahagiaan tidak pernah menyentuh jarinya pada denyut nadinya.

  • Berkaitan dengan harga komoditas, kenaikan upah beroperasi sebagai bunga sederhana, kenaikan laba beroperasi seperti bunga majemuk. Pedagang dan tuan kami mengeluhkan sebagian besar dampak buruk dari upah tinggi dalam menaikkan harga dan mengurangi penjualan barang. Mereka tidak mengatakan apapun tentang dampak buruk dari keuntungan yang tinggi. Mereka diam berkenaan dengan efek buruk dari keuntungan mereka sendiri. Mereka hanya mengeluh tentang orang lain.

  • Bukan dari kebaikan tukang daging, bir, atau tukang roti, yang kami harapkan dari makan malam kami, tapi dari kepentingan mereka sendiri. Kita berbicara pada diri kita sendiri, bukan pada kemanusiaan mereka tapi juga cinta diri mereka, dan tidak pernah berbicara dengan mereka tentang kebutuhan kita sendiri tapi juga keuntungan mereka. Tak seorang pun kecuali seorang pengemis yang memilih untuk bergantung terutama pada kebajikan sesama warga negaranya.

  • Apa yang bisa ditambahkan pada kebahagiaan seorang pria yang berada dalam kesehatan, kehabisan hutang, dan memiliki hati nurani yang bersih?

  • Di jalan dari Kota Skeptisisme, saya harus melewati Lembah Ambiguitas.

  • Sebuah negara tidak dibuat kaya oleh akumulasi logam mengkilap yang kekanak-kanakan, namun diperkaya oleh kemakmuran ekonomi rakyatnya.

Top Quotes Adam Smith

 

Yudha Islami Sulistya

Menyukai sebuah tulisan dari keyboard, pecinta musik klasik, suka game genre RPG dan Open World, menyukai anime time traveling dan sedikit hobi dalam olahraga catur.

Komentar Disini