Mode Indonesia

Inilah hidupku, dan aku tidak peduli apa pun penilaian kalian. Toh, aku hidup bukan untuk membahagiakan orang lain, apalagi menghabiskan waktu mendengar komentar mereka.

Mode English

This is my life, and I do not care what you judge. After all, I live not to please others, let alone spend time listening to their comments.

Deskripsi Pengarang

Tere Liye adalah seorang penulis novel asal Indonesia. Tere Liye memiliki nama asli Darwis. Laki-laki kelahiran Lahat, 21 Mei 1979 ini sudah malang melintang dalam dunia pernovelan bahkan perfilman.

Tak sedikit karyanya yang telah difilmkan seperti Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda Disayang Allah. Meski sudah banyak berkarya dalam pernovelan, nyatanya Tere sehari-hari bekerja sebagai akuntan. Tere kecil tumbuh dari keluarga sederhana. Orangtuanya berprofesi sebagai petani dan ia tumbuh dewasa di pedalaman Sumatera.

Masa pendidikannya dihabiskan di SDN 2 Kikim Timur, Kabupaten Lahat, SMPN 2 Kikim, Kabupaten Lahat, dan SMAN 9 Bandar Lampung. Setelah lulus, ia berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Seusai kuliah, Tere mengisi kegiatannya dengan menulis buku-buku fiksi.

Anak keenam dari tujuh bersaudara ini memiliki ciri khas dalam bahasa novelnya yang mudah dipahami. Gaya berpenampilannya juga begitu khas, dengan memakai kupluk dan baju casual. Nama Tere Liye sendiri juga berasal dari bahasa India yang berarti “untukmu”.

Ia kini telah menikah dengan seorang perempuan bernama Riski Amelia dan dikaruniai dua orang anak yakni Abdullah Pasai dan Faizah Azkia. Pada Selasa (5/9/2017) Tere Liye mengabarkan bahwa dirinya telah memutus kontrak dengan dua penerbit besar yang selama ini mencetak buku novel karyanya yakni Gramedia Pustaka Utama dan Republika.

Ia menghentikan penerbitan 28 judul bukunya dan menjadi perbincangan di publik di awal bulan September 2017 ini. Tere menjelaskan melalui akun facebook miliknya terkait keputusannya. Ia berpendapat jika dirinya harus membayar pajak dengan besaran hampir seperempat penghasilannya tersebut.

“Total pajaknya adalah Rp 245 juta,” kata Tere sebagaimana dikutip Tirto.id, Kamis (7/9/2017).

Sumber : Tirto.ID

    Leave a Reply

    avatar
      Subscribe  
    Notify of